Lencana Facebook

Jumat, 20 Maret 2009

PERSAINGAN GIM

Bermain video gim, mau? Boleh, dengan catatan tidak sampai lupa waktu. Ok!

Vidgim (video game) tidak hanya membuat tegang tetapi juga keasikan, Mau tahu cerita di balik mesin gim, tunggu yang satu ini!

Hobby olah raga bola sepak, bermain hingga ngos-ngosan, berkeringat, biasakan! Namun bila mainnya memakai mesin gim, tentu keadaannya beda. Dengan mesin ini cukup dengan memainkan jari-jemari di atas joystick tanpa harus turun kegelanggang lapangan bola. Permainan bisa dimulai tinggal cari lawan tanding dengan kesebelasan mana, mau Liverpool, AC Milan or kesebelasan yang lain di seantero dunia silahkan pilih. Pakai Nintendo, Sega, Playstation yang connect ke TV so di tambah Subwofer and sound blaster, plus layar besar atau tancep dengan pakai LCD akan tambah seru saja.

Mesin gim adalah jenis alat yang perkembangan kemajuan tehnologinya memakai komputerisasi dalam bidang hiburan, yang pada awalnya dari PC (personal computer) hingga menjadi mesin khusus gim seperti Gim Boy (Gimbot), Nintendo, Sega, atau PlayStation, merupakan jenis-jenis mesin gim yang selalu in always termasuk bisa diakses melalui internet (gim online). Menariknya mesin gim tidak terpaku dengan gim saja. Sport, strategi, hingga gim adventure yang menegangkan, berada dalam satu mesin. Sebut saja WorldCup 2002, Winning Eleven, Tekken, Street Fighter, Commander, Tomb Raide, Grand Turismo, Road Rash tidak asing lagi bagi para mania gims. Setiap perusahaan pembuat mesin gim berlomba ‘mempercantik’ produknya dengan menambahkan variasi yang handal dan meng-update gim-gim terbaru. Fusjiro Yamauchi merilis Nintendo tahun 1889 dan Kenshin membuat Playing Cards. Tahun 1976, Nintendo mengenalkan produk mesin gim dengan system mikroprosesor sehingga kecepatan mesin bertambah cepat yang pada akhirnya bermunculan produk seperti Famicom di jepang, NES di Amerika, Super Famicom atau SNES (1990), Nintendo N64 (1996), Gim Boy Advance (2001), Gimtube. Game Mania Era tahun 80-an favorite dengan permainan yang disuguhkan Nintendo seperti Mario Boss dan Donkey Kong.

Nasib Sega dengan mesin Megadrive, Master System, Saturn dan Dreamcast tidak sebagus Nintendo. Mesin gim yang satu ini mengalami jatuh bangun dalam perkembangannya dan kemudian kandas dalam perjalanannya. Sementara itu PlayStation, mesin yang tergolong muda ini lebih beruntung dibanding mesin gim sebelumnya. Kehadiarannya dipasaran begitu mengesankan. PlayStation under Sony Corp terus menjamur bak di musim penghujan. PS singkatan dari PlayStation diliris pertengahan 1994. Sejarahnya SonyCorp bekerjasama dengan Nintendo untuk mengembangkan SNES dengan merubah gim cartridge menjadi format CD (Compact Disc) tetapi kerjasamanya tidak berjalan mulus sehingga SonyCorp memutuskan membuat mesin sendiri yang saat itu dipasaran jepang seharga 39800 Yen atau senilai 2 juta rupiah. Akhirnya PS dapat mengalahkan Sega Saturn dan Nintendo N64, kemudian dengan tambahan emotion engine 300MHz yang bikin visual PS semakin kece pada bulan maret 2002 PS2 ini laku sebanyak 1 juta unit hanya dalam seminggu. Prestasi market yang Luar biasa!

PS2 dengan 66 juta polygon/detik, mampu menampung lebih banyak memory dari pada PS1. Pada PS2 disediakan expansion Bay buat menyimpan media hardisk berkapasitas 40GB sehingga dapat menampung broadband alias modem agar bisa download dan bisa bermain gim secara online contohnya Counter Strike.

Kelebihan lain dari PS2 terletak pada driver-nya yang bisa memutar berbagai hiburan selain gims. PS2 memutar film DVD, juga bisa mendengarkan CD lagu. Jadi PS2 mampu mendorong data hingga 48 GB/detik dengan DRD-RAM sebesar 32 MB total memory, 4 MB dikirim untuk video. Sayangnya, pada PS2 hanya menyediakan dua controller ports sehingga untuk bisa bermain multiplayer perlu menambah multi trap. SonyCorp juga mengembangan tuner yang dapat merekam acara TV, sehingga PS dapat menjadi all in one entertainment.

Nintendo setelah pasarnya tergeser dengan PS mencoba bangkit lagi dengan menelurkan bentuknya yang mungil, kekuatan gimcub terpusat pada dua chip utama, gekko dan flipper. Gekko berisi serangkaian insruksi khusus untuk memudahkan pengembangan gim, sedangkan flipper berguna untuk mengelola fungsi grafik dan suara supaya tampil keren. Gamecube memiliki CPU dengan kecepatan 485 Mhz menggunakan prosesor IBM, memiliki RAM dengan memory 24 MB. Untuk visual, gamecube memiliki 6-12 juta polygon/detik hal ini membuat tampilan dilayar semakin halus. Kelemahan Nintendo adalah bertahan dengan format cartridge begitu pula pada Gamecube hanya ada penenambahan Optical Disc Drive (ODD) yang dapat menampung sepertiga kapasitas data DVD (Digital Vidio Disc). Bentuknya memang lebih kecil dari disc DVD namun memudahkan loading gim yang cepat dan menghindari pembajakan. Pada gamecube terdapat 4 buah controller ports.

Bill Gates penemu microsft, tahun 2000 membuat Xbox sebagai mesin gim dengan 4 controller ports yang dapat memudahkan untuk bermain multipleyer, dengan 256 chanel pada chip audionya ditambah dolby 5.1 yang kompatibel dengan system home cinema. Tidak memakai memory card di dalam Xbox yang ada 8 GB harddisk sehingga dapat menampung ribuan jenis gim. Untuk grafisnya mengunakan 250 MHz NV2A yang menangani animasi 3D dan menghasilkan visual yang mengesankan dengan 177 juta polygon/detik ditambah Intel CPU 733 MHz kecepatannya sungguh dhasat. Karena itu apabila PC Anda telah menggunakan perangkat bikinan Bill Gates pasti tidak kalah dengan mesin gim yang lain. (DK)

1 komentar: